Cara Sukses Belajar Matematika (Bagian 1)

Tips tentang cara belajar matematika, bagaimana pendekatan pemecahan masalah, bagaimana belajar dan mengambil tes, kapan dan bagaimana untuk mendapatkan bantuan.
Belajar Matematika Bagian 1


Matematika Keterampilan

Aktif vs Pasif Studi
Secara aktif terlibat dalam mengelola proses pembelajaran, matematika dan waktu belajar Anda:
  • Ambil tanggung jawab untuk belajar, mengakui apa yang Anda lakukan dan tidak tahu, dan mengetahui bagaimana untuk mendapatkan Instruktur untuk membantu Anda dengan apa yang Anda tidak ketahui.
  • Menghadiri kelas setiap hari dan mengambil catatan lengkap. Instruktur merumuskan pertanyaan-pertanyaan tes berbasis pada material dan contoh tercakup dalam kelas maupun pada orang-orang dalam teks.
  • Menjadi peserta aktif dalam kelas. Maju dalam buku ini, mencoba untuk bekerja beberapa masalah sebelum mereka dilindungi di kelas. Mengantisipasi apa langkah berikutnya akan menjadi Instruktur.
  • Ajukan pertanyaan di kelas! Biasanya ada siswa yang lain ingin tahu jawaban atas pertanyaan yang sama yang Anda miliki.
  • Pergi ke jam kantor dan mengajukan pertanyaan. Instruktur akan senang melihat bahwa Anda tertarik, dan Anda akan secara aktif membantu diri Anda sendiri.
  • kebiasaan belajar yang baik sepanjang semester memudahkan untuk belajar untuk tes.
Belajar Matematika adalah berbeda-beda dari Belajar Subyek Lainnya
  • Matematika dipelajari dengan melakukan masalah. Apakah pekerjaan rumah. Masalah membantu Anda dalam mempelajari formula dan teknik yang perlu diketahu, serta meningkatkan kecakapan pemecahan masalah Anda.
  • Sebuah kata peringatan: Setiap kelas yang dibangun di atas sebelumnya, sepanjang semester. Anda harus mengikuti Instruktur: menghadiri kelas, membaca teks dan menyelesaikan pekerjaan rumah setiap hari.Mengulur-ulur menempatkan Anda di posisi yang kurang menguntungkan dan Membuat anda dalam kesulitan besar.
  • Sebuah kata dari dorongan: Setiap kelas yang dibangun di atas sebelumnya, sepanjang semester Anda selalu meninjau materi sebelumnya sebagai materi baru yang Anda lakukan. Banyak ide-ide yang tetap berkumpul. Mengidentifikasi dan mempelajari konsep-konsep kunci yang berarti Anda tidak perlu banyak Menghafal.
Matematika Perguruan Tinggi yang berbeda dengan matematika SMA.
Sebuah kelas matematika perguruan tinggi memiliki intensitas belajar di kelas yang kurang dan mencakup materi  dua kali kecepatan jalannya materi di SMA. Anda diharapkan untuk menyerap materi baru jauh lebih cepat. Pengujian mungkin dilakukan dengan spasi jauh terpisah dan materi mencakup lebih dari sebelumnya. Instruktur mungkin bahkan tidak memeriksa pekerjaan rumah Anda.
  • Buatlah rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Pastikan Anda mengetahui cara melakukannya.
  • Anda mungkin harus meluangkan lebih banyak waktu belajar per minggu – > Anda berbuat lebih banyak untuk belajar di luar kelas.
  • Tes mungkin tampak lebih keras hanya karena dosen/guru Anda menutupi kelebihan materi.
Studi Waktu
Anda mungkin tahu aturan praktis tentang matematika (dan lainnya) di kelas: minimal 2 jam waktu belajar per jam kelas. Tapi ini mungkin tidak cukup!
  • Luangkan waktu sebanyak yang Anda butuhkan untuk memecahkan dan menyelesikan masalahdan untuk mendapatkan pemahaman lengkap materi.
  • Membentuk kelompok belajar. Temui sekali atau dua kali seminggu (juga menggunakan telepon). Go over problems you’ve had trouble with. Pergilah atas masalah yang Anda punya masalah dengan. Either someone else in the group will help you, or you will discover you’re all stuck on the same problems. Entah orang lain dalam grup tersebut akan membantu Anda, atau Anda akan menemukan Anda semua terjebak pada masalah yang sama. Then it’s time to get help from your Instructor. Lalu saatnya untuk mendapatkan bantuan dari Anda Instruktur.
  • Semakin menantang materi itu, semakin banyak waktu yang harus Anda habiskan di atasnya (materi Tersebut).

Pemecahan Masalah

Pemecahan Masalah (Homework dan Tes)
  • Semakin tinggi kelas matematika, lebih banyak jenis masalah: di kelas sebelumnya, masalah seringkali dibutuhkan hanya satu langkah untuk menemukan solusi. Kemudian, Anda akan menangani masalah-masalah yang memerlukan beberapa langkah untuk menyelesaikannya. Buat masalah ini ke dalam potongan-potongan kecil,kemudian memecahkan masing-masing bagian (membagi dan menaklukkan)
  • Jenis Masalah
  1. Masalah uji hafalan,
  2. Masalah uji keterampilan,
  3. Masalah yang membutuhkan penerapan keterampilan untuk situasi akrab,
  4. Masalah yang membutuhkan penerapan keterampilan untuk situasi asing (Anda mengembangkan strategi untuk jenis masalah baru),
  5. Masalah yang membutuhkan bahwa Anda memperluas keterampilan atau teori yang Anda ketahui sebelum menerapkannya pada situasi yang asing.
Dalam program awal, Anda memecahkan masalah tipe 1, 2 dan 3. Dengan Aljabar untuk Perguruan Tinggi Anda diharapkan untuk melakukan sebagian besar masalah jenis 2 dan 3 dan kadang-kadang jenis 4. Kemudian program mengharapkan Anda untuk mengatasi semakin banyak masalah jenis 3 dan 4, dan (akhirnya) dari 5 jenis. Setiap masalah jenis 4 atau 5 biasanya mengharuskan Anda untuk menggunakan pendekatan multi-langkah, dan mungkin melibatkan beberapa keterampilan matematika dan teknik yang berbeda.
  • Ketika Anda mengerjakan pekerjaan rumah, tuliskan solusi yang lengkap, seperti jika Anda menghadapi ujian. Jangan hanya mencakar beberapa baris dan mengecek jawaban di bagian belakang buku. Jika jawaban Anda adalah tidak benar, ulang masalah, jangan hanya melakukan senam mental untuk meyakinkan diri sendiri bahwa Anda bisa mendapatkan jawaban yang benar. Jika Anda tidak bisa mendapatkan jawabannya, carilah bantuan.
  • Melakukan pekerjaan rumah dan meninjaunya akan membuat masalah tes lebih mudah untuk diatasi.
Tips Pemecahan Masalah
  • Terapkan empat-langkah proses:
  1. Yang pertama dan paling penting langkah dalam memecahkan masalah adalah untukmemahami masalah, yaitu mengidentifikasi hal-hal apa yang membuat masalah meminta Anda untuk menemukan atau memecahkan (pastikan Anda membaca masalah utuh).
  2. Selanjutnya Anda harus menyusun rencana, yaitu, mengidentifikasi keterampilan dan teknik yang telah Anda pelajari dapat diterapkan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
  3. Melaksanakan rencana.
  4. Lihat kembali: Apakah jawaban Anda temukan tampaknya masuk akal? Tinjau juga masalah dan metode solusi sehingga Anda akan dapat lebih mudah mengenali dan memecahkan masalah yang sama.
  • Beberapa strategi pemecahan masalah: menggunakan satu atau lebih variabel, melengkapi tabel, mempertimbangkan kasus khusus, mencari pola, menebak dan menguji, menggambar gambar atau diagram, membuat daftar, memecahkan masalah yang berkaitan sederhana, menggunakan nalar, pekerjaan mundur, memecahkan persamaan, mencari formula, menggunakan koordinat.
Word Problem (Masalah kata)-> Aplied Problem (masalah diterapkan)
Istilah “masalah kata” hanya memiliki konotasi negatif. Lebih baik menganggap mereka sebagai “masalah diterapkan”. Masalah-masalah ini harus menjadi yang paling menarikuntuk memecahkan. Kadang-kadang masalah yang muncul sangat tidak realistis, tapi itu biasanya karena masalah yang sesuai dengan realita terlalu keras atau rumit untuk diselesaikan pada tingkat Anda saat ini. Tapi setidaknya Anda mendapatkan gambaran tentang bagaimana belajar matematika Anda dapat membantu menyelesaikan masalah yang sebenarnya di dunia nyata.
Memecahkan Soal Terapan
  • Pertama mengubah masalah ke dalam matematika. Langkah ini adalah (biasanya) bagian yang paling menantang dari suatu masalah yang diterapkan. If possible, start bydrawing a picture. Jika memungkinkan, mulailah dengan menggambar sebuah gambar.Tandai semua kuantitas yang disebutkan dalam masalah. Jika kuantitas dalam masalah bukan angka tetap, nama dengan variabel. Identifikasi tujuan dari masalah. Kemudian konversi masalah ke dalam matematika, yaitu, menemukan persamaan yang menggambarkan hubungan antara variabel-variabel, dan menggambarkan tujuan masalah secara matematis.
  • Pecahkan masalah matematika yang telah Anda hasilkan, gunakan keterampilan apa pun dan teknik yang Anda butuhkan (lihat proses empat langkah di atas).
  • Sebagai langkah terakhir, Anda harus mengubah jawaban soal matematika Anda kembali ke dalam kata-kata, sehingga Anda sekarang telah memecahkan masalah kedalam keadaan sebenarnya.
Untuk Bacaan Lebih Lanjut:
George PĆ³lya, How to Solve It, Princeton University Press, Princeton (1945)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

SDN 2 SUNTALANGU. Copyright 2012 All Rights Reserved Template SD by Herry Clay